DISKUSI INTERNASIONAL MAGISTER PERENCANAAN EKONOMI DAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN

Public Private Partnership : The Australian Experience and Some Issues for Indonesia”

 Senin, 20 Maret 2017 Magister Perencanaan Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan (MPKP) FEB UI mengadakan kegiatan Diskusi Internasional, kegiatan ini bertempat di gedung MPKP FEB UI dengan narasumber Professor Tim O’Loughin dari Carnegie Mellon University, tema yang dibawakan oleh prof. Tim adalah “Public Private Partnership : The Australian Experience and Some Issues for Indonesia”

Dalam presentasi yang dibawakannya Prof. Tim menerangkan tentang masalah umum PPP, segala yang berkaitan dengan hukum, dan segala resiko yang terjadi dalam PPP. Ada beberapa contoh perusahaan yang didiskusikan dalam kesempatan ini adalah: Melbourne City Link; Southern Cross Railway Station; Melbourne public transport; Victoria’s desalination projects; Brisbane airtrain; Melbourne East West city link; Royal Adelaide hospital dimana perusahaan perusahaan tersebut menggunakan konsep PPP dalam proyeknya. Dalam konsep PPP proyek dianalisis secara benefit cost dan dilihat apakah secara jangka panjang dapat tidaknya memberikan welfare kepada masyarakat. Permasalahan yang sering dihadapi dalam proyek-proyek tsb adalah dimana sektor swasta menilai suatu project terlalu rendah biayanya dan terlalu tinggi dalam nilai pengembaliannya; pihak pemerintah bagian keuangan negara terlalu mudah menerima bidding dengan nilai murah; biasanya masalah muncul pada operasional; serta sektor swasta mencari cara untuk mengalihkan resiko setelah proyek berjalan; dan kurangnya kapasitas administrasi. Pengalaman pembangunan di Australia dapat dijadikan bahan untuk mengevaluasi proyek-proyek infrastruktur di Indonesia seperti Power Plan PLN, MRT, LRT, dan pengembangan jalan tol.

Kegiatan ini dihadiri beberapa instansi dan BUMN seperti PLN, Bappenas, Australia Indonesia Partnership for Economic Governance (AIPEG) dll. Tujuan diselenggarakannya acara ini untuk saling berbagi pengetahuan   dan   perkembangan   terkini  dari  kebijakan  ekonomi  dan  kebijakan  publik  serta mendapatkan masukan dari mitra pemerintah/lembaga terkait.

Kegiatan ini di tutup dengan makan siang dan foto bersama, souvenir diberikan oleh pimpinan Ketua Program Studi MPKP kepada Prof. Tim sebagai kenang-kenangan.

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2017 Sistem Informasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Maintenance By : Humas MPKP | Support By : Indra Febria Widy