Tentang MPKP FEB UI

I.  Background

  • Sekilas Tentang MPKP

program Studi Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Indonesia(MPKP-FEB UI) Merupakan :

I.            Program Studi Jenjang Pendidikan S2 terapan dan Jalur profesi di bawah Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia. Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi memberikan predikat A terhadap program studi MPKP-FEB UI (SK Nomor 238/SK/BA-PT/Ak-XI/M/2013).

II.            Program Sudi yang membuka peluang bagi calon mahasiswa dari berbagai kalangan , seperti : pemerintah (pusat maupun daerah), pemerintah pusat, dewan perwakilan rakyat (pusat maupun daerah), Profesional, jurnalis, LSM (NGO), wirausahawan, peneliti, maupun individu lainnya, baik yang berasal berlatarbelakang ilmu ekonomi maupun bukan berasal dari disiplin ilmu ekonomi, asalkan yang menunjukan berkemampuan dan memiliki motivasi tinggi untuk meraih kompetensi di bidang Ekonomi Terapan dan Kebijakan Publik.

III.            Program studi MPKP-FEB UI menawarkan program pendidikan  jenjang magister di bidang Ekonomi Terapan & Kebijakan Publik yang bertekad membekali mahasiswanya dengan teori-teori ekonomi terkini, berbekal landasan teori di bidang Ekonomi, teknik penelitian, penguasaan analisis data baik itu kuantitatif dan kualitatif, teknik penelitian dan penulisan ilmiah, sehingga lulusannya benar-benar memiliki kompetensi handal di bidang Ekonomi Terapan dan Kebijakan Publik, di era globalisasi dan desentralisasi, yang diwarnai oleh kian tingginya tuntuntan masyarakat terhadap kehidupan yang demokratik, transparan serta penuh tanggung jawab (akuntabel). Serta pengasahan kemampuan analisa atas permasalahan terkini, lulusan MPKP-FEB UI diharapkan mampu menjawab tantangan dalam globalisasi dan desentralisasi tentang bagaimana menghasilkan kebijakan public yang berbasis riset (research based policy).

  •  Apa itu MPKP

Program Studi Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Indonesia (MPKP-FEB UI) merupakan program studi jenjang pendidikan S2 terapan dan jalur profesi di bawah Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Indonesia. MPKP FEB UI berdiri pada tanggal 26 maret  1996, berdasarkan SK Dirjen DIKTI No. 78/DIKTI/Kep/1996. MPKP di pelopori oleh Ketua pertama Dr. Sri Mulyani Indrawati.

Program studi MPKP-FEB UI didirikan atas inisiatif dari lembaga penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM-FEB UI) dan Bappenas.

Globalisasi dan desentralisasi mengharuskan pemerintah dan pemerhati kehidupan masyarakat paham terhadap: bagaimana mengelola pemerintahan secara bersih dan baik, bagaimana menyusun perencanaan pembangunan yang strategis bagi daerah, serta membuat kebijakan publik yang lebih efektif dan melaksanakannya secara efisien, transparan, bersih, demokratik dan bertanggungjawab. Di bidang dunia usaha, Dari sisi persaingan usaha, globalisasi meningkatkan persaingan di antara pelaku usaha. Ini memberikan membawa implikasi tersendiri terhadap struktur dan strategi usaha di pasar barang/jasa, faktor produksi maupun finansial.  dan Maka pelaku usaha maupun pemerintah harus memahami perihal bagaimana perilaku pelaku di dalamnya dan apa implikasi kebijakan dari sisi pemerintah untuk menghadirkan iklim usaha yang sehat dan kompetitif  dapat hadir dalam perekonomian masyarakat keseluruhan.

Visi, Misi & Tujuan

Visi Program Studi :

Visi MPKP adalah menjadi pusat pembelajaran perencanaan ekonomi dan kebijakan pembangunan yang bereputasi baik di tingkat nasional dan di Asia sehingga berkontribusi terhadap pembangunan di Indonesia.

Misi Program Studi:

Misi dari Program Studi MPKP FEB UI adalah :

  • Memberikan kontribusi pada pengembangan aplikasi teori ekonomi dalam perencanaan kebijakan pembangunan
  • Menghasilkan magister ekonomi yang unggul di bidang perencanaan dan pengambilan kebijakan pembangunan yang memiliki tanggung jawab sosial dan mampu menghadapi perubahan lingkungan global

Tujuan Program Studi MPKP-FEB UI adalah menghasilkan lulusan yang  :

  1. Mampu menganalisa dan membuat kebijakan publik atas fenomena-fenomena persoalan perencanaan kota dan daerah, keuangan negara dan daerah, persaingan usaha, globalisasi, infra struktur dan properti serta manajemen sektor publik
  2. Mampu melakukan penelitian-penelitian ilmiah pada bidang perencanaan kota dan daerah, keuangan negara dan daerah, persaingan usaha, globalisasi, infra struktur dan properti serta manajemen sektor publik dengan menggunakan  metode penelitian yang benar, handal dan mutakhir
  3. Mampu mengkomunikasikan hasil penelitian ilmiahnya dalam bentuk lisan dan tulisan baik secara nasional maupun internasional
  4. Memiliki kejujuran akademik, objektif, berintegritas, mandiri dan mampu bekerja sama
  5. Memiliki wawasan yang global dan berkompetensi yang bertaraf internasional
  6. Mampu Mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  7. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner
  8. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta , mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional.

© 2017 Sistem Informasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Maintenance By : Humas MPKP | Support By : Indra Febria Widy